PUNCAK LEMPUYANG


Minggu Kliwon, 19 Mei 2002

”Tiga burung ketitir terbang dari Puncak Semeru. Mereka melintas di atas Selat Bali dalam iringan suara genta. Dalam tiga dentingan genta, tiga burung suci itu telah sampai di atas pulau Bali. Mereka lalu bersiak tiga, membagi arah dan aras, melambat di antara gemulung awan kumulus. Seekor meliuk ke Ulu Danau Batur. Seekor turun di puncak Tolangkir. Bergemuruh Gunung Agung. Seekor lagi menembus keheningan kabut dan rumpun bambu Puncak Lempuyang.”

Apa kabar pedusunan Basang Alas?

Basang Alas adalah sebuah dusun di kaki Gunung Lempuyang. Angkutan dulu berakhir di sana. Basang Alas terdiri dari kata Basang <perut>, alas <rimba>. Perut rimba? Entah kenapa begitu nama dusun itu. Perut Rimba itu titik berangkat orang-orang yang hendak mendaki ke Puncak Lempuyang. Jalan kaki dari sana. Dulu. Di masa kecil.

Di dusun itu, ketika saya baru lancar membaca, sepulang dari pendakian, saya menemukan sebuah buku ”sejarah” Puncak Lempuyang. Sesungguhnya bukan sejarah, lebih cocok disebut sebagai mythology. Saya membaca berlembar-lembar halamannya. Dan isi buku itu bukan bicara sebagai pelajaran sejarah yang meyakinkan dengan bukti-bukti ilmiah. Ia menghujam ke dada sebagai dongengan. Lalu tumbuh kekal sebagai rasa yang tak ternamai. Dan dongengan ini, saat rindu pada diri, datang membuai malat-malat sunyi, ia kembali berdentang, meredam segala niat bercerdas-cerdas. Sebagai guru-lagu menguntai dan menyembunyikan rindu penyair atau lango dalam kakawin, yang tak ternamai itu kawin dengan yang tak ternamai juga.

Mythology itu berkisah tentang diutusnya dua Dewa dan seorang Dewi, oleh Orang Tua-nya, yang beristana di Puncak Gunung Semeru. Menuju Bali, tiga utusan itu menjelma jadi burung ketitir, terbang cepat luar biasa, sehingga jarak Jawa-Bali ditempuh hanya dalam tiga dentingan genta.

”Anakku, pergilah engkau bertiga ke Bumi Banten (Bali), pulau itu sedang bergoyang. Tak ada yang menenangkan. Gunung Agung meluapkan lahar, gemuruh. Batur bergolak. Pergilah ke sana. Tenangkan pulau itu. Kelak, bila telah manusia berkembang di pulau itu, engkau akan dipuja sebagai Dewa-Dewi untuk selama-lamanya,” demikian perintah Sang Ayah, pada dua putra dan seorang putrinya.

Kisah kedatangan dua Dewa dan Dewi yang datang sebagai ketitir itu, dongengan itu, kini hampir tak banyak terdengar. Tapi oleh masyarakat Hindu Bali, tokoh-tokoh yang dalam dongengan itu, dipuja. Yang meliuk ke Ulu Danau Batur itu, kini dipuja sebagai Ida Betari Ulun Danu (Dewi Danuh); yang turun di Puncak Tolangkir, dipuja sebagai Ida Betari ring Tolongkir (Ida Bharata Putra Jaya); yang menembus k0eheningan kabut dan rumpun bambu Puncak Lempuyang, dipuja sebagai Ida Betara Lempuyang Luhur (Ida Bhatara Gni Jaya).

Semua petani-petani kini memuja Dewi Danuh, Dewi kesuburan pertanian, di Pura Ulun Danu; Ida Betara Putra Jaya sebagai pusat kekuatan hening pencapaian bathin; Bhatara Gini Jaya menurunkan putra-putra spiritual, muasal Sanak Sapta Rsi, para guru spiritual sebelum era serbuan Majapahit. Dalam kisah-kisah para orang tua, penekun ”ilmu bathin”, di jagad niskala Lempuyang, tangga-tangga bathin, puncak-puncak langit pencapaian spiritual, dijalin bertapis-tapis. Apa kabar Perut Rimba?

Terima kasih telah memberi saya titik keberangkatan menuju ke puncak ke puncak… Basang Alas, perut rimba, garba, rahim penetas. Titik berangkat adalah ibu yang melahirkan saya, kupuja dalam plangkiran jantungku. Puncak-puncak itu, yang selalu di sini, terus dan terus menjelma, dari detik ke detik. Dimanakah tujuan tanpa titik berangkat? Manakah yang pertama kita puja: awal atau akhir? Apakah kehidupan adalah sebuah garis lengkung yang akan bertemu titik awal dan titik akhir ketika kita menjadi lingkaran? Inikah yang dimaksud ngewindhu dalam rahasia lontar-lontar? Titik awal dan titik akhir bertemu jadi lingkaran utuh? Berhentinya atas-bawah, awal-akhir?

Puncak Lempuyang, tetes-tetes air dari belah bambu, berayun dalam kabut. Semesta terbuka di dada kiri. Berdentang genta pinara, bertabur mantra-mantra. Hujan bunga. Gemitir kuning sepanjang setapak, tanjak-tanjak berlumpur. Dusun Basang Alas terima kasih. Titik berangkat, lolong anjing raung malam-malam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s