DENPASAR :: TIME :: SPACE


DENPASAR :: TIME :: SPACE
oleh Sugi Lanus

Abstrak

Sebelum tahun 1972, sebuah street clock Belanda berdiri di pusat kota. Tepat di titik dimana jam itu berdiri dulu berdiri, kini berdiri Patung Catur Muka. Street clock itu tinggal kenangan, terlantar rebah di Museum Bali. Peter J.M. Nas (1995) berpendapat bahwa peristiwa itu sebagai, “the symbol of the restoration of Balinese identity.” Dalam paper ini saya mendekati peristiwa tersebut bukan sebagai simbol restorasi identitas Bali, tapi sebagai sebuah “visualisasi pertarungan waktu” dan “visualiasi pertarungan pemaknaan atas ruang”. Dalam peristiwa tersebut seolah-olah “yang luar” (street clock) dikalahkan “yang dalam” (patung Catur Muka), namun dalam kenyataan sosial-budaya yang sedang terjadi justru “yang dalam” tergerus, “yang luar” mendominasi.

Dominasi ini bisa dilihat dari bagaimana setiap hari selalu ada yang bertabrakan di jalanan kota Denpasar. Bukan hanya sepeda motor dengan bemo, atau bemo meyalip dokar, tapi hypermarket melindas tanah sawah dan menjepit pasar tradisional, supermarket menabrak warung-warung, dan McDonald mengusur Pura Ulun Suwi, jalan bypass meratakan aliran dan pundukan subak. Demikian juga tabrakan waktu odalan-upakara-banjar dengan waktu kerja hotel. Antara upakara adat-ritual-banjar yang diatur kalender wariga dengan bisnis yang diatur kalender masehi.

Tabrakan ini, bisa jadi disesali, tapi sepertinya begitu saja mengelinding tanpa kemampuan (kemauan) untuk menahannya. Bisa jadi masyarakat tak peduli, bisa jadi diantara mereka banyak yang menginginkannya diam-diam. Banyak variable sosial yang bekerja dan berebut di wilayah ini. Ruang (dan waktu) menjadi wilayah pertarungan bagi “warga desa” dan “warga urban” Denpasar. Ruang dan waktu juga menjadi wilayah pertarungan antara tarikan keluar (modernitas) dan tarikan ke dalam (tradisionalitas), dan di dalam waktu dan ruang, tampaknya, semuanya harus dinegosiasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s